Cetak buku merupakan salah satu proses dalam produksi buku menjadi massal.  Percetakan sendiri merupakan bagian terpenting dalam penerbitan.  Percetakan tidak hanya memproduksi buku, melainkan bisa koran, majalah, flayer, dan brosur. Lalu bagaimana caranya melakukan proses percetakan?  Di bawah ini akan dijelaskan proses cetak buku dan harga cetak buku tahunan

Melakukan Proses Pra Cetak 

Dalam proses pra cetak ini, anda harus menyiapkan file yang akan dicetak. Dalam melakukan tahap pra cetak ini banyak sekali proses yang harus dilakukan sebelum nantinya file buku diserahkan ke bagian percetakan. 

  1. Memperhatikan proses desain dari buku

Proses ini biasanya dikenal sebagai pra media. Pada proses ini anda harus menyesuaikan gambar, teks, dan konten sebelum diproduksi secara massal. Ada 4 hal yang termasuk pada bagian desain. Pertama yaitu teks, di sini anda arus menyesuaikan format, ukuran, tebal tipis, dan kolom dari tulisan. Tahap selanjutnya anda bisa mengatur foto disusul dengan vektor. Tahap terakhir adalah menentukan ukuran dari bidang buku. 

  1. Melakukan Layouting dan proofing

Dalam layout anda bisa menyesuaikan buku dengan tema yang ada di dalamnya. Dalam hal ini anda harus mengatur ilustrasi dan huruf  dengan sedemikian rupa agar terlihat lebih bagus dan rapi. Jika hal tersebut sudah dilakukan maka langkah selanjutnya melakukan proofing. Pada proses ini anda bisa meneliti lagi kesalahan-kesalahan dalam penulisan ataupun layouting. Proses proofing akan menjadi  tanjakan sebelum diproduksi secara massal

Melakukan Proses Produksi  dan Cetak Buku

Pada proses ini file yang telah diproses sudah siap dipindahkan pada kertas yang nantinya akan dibuat menjadi buku.  Dalam sistem kerjanya mesin cetak akan digambarkan secara mudah. Operator  melakukan pemasangan plat cetak yang sudah ada pada roll. Setelah itu tugas roll yang berputar akan mentransfer tinta ke dalam kertas. Kertas-kertas yang sudah tercetak sesuai dengan file yang telah disiapkan akan diproses ke tahap akhir. 

Melakukan proses finishing buku

Setelah dicetak buku masih berupa lembaran dan belum dilakukan tahap akhir. Kertas yang masih lembaran akan disusun sesuai dengan file permintaan.  Jika tahap ini sudah tersusun secara rapi maka buku akan dijilid agar terlihat lebih rapi. Namun biasanya, pada sisi luar buku masih ada sisa-sisa kertas yang tidak masuk ke dalam ukuran dari buku yang diminta. Agar terlihat lebih bagus pada bagian luarnya akan dipotong. Setelah itu buku akan dikemas dengan plastik dan didistribusikan ke toko-toko. 

Memahami proses harga cetak buku tahunan semoga membaca pemahaman anda kenapa buku tersebut dihargai dengan harga cetak buku tahunan yang lumayan. Proses ini juga bisa menjadi patokan anda kenapa proses penerbitan buku membutuhkan waktu yang begitu lama. Hal ini karena banyak proses yang harus dilewati sebelum naskah menjadi buku. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *