Konsep smart city ini pada intinya menggunakan teknologi untuk membantu menjalankan roda kehidupan masyarakat agar lebih efisien. Analisa pengembangan perkotaan dengan konsep smart city ini juga dapat membantu masyarakat dapat membantu dalam mengelola sumber daya dengan efisien dengan memberikan informasi yang tepat dalam mengadakan atau melakukan sebuah kegiatan. Smart city tidak hanya mengedepankan teknologi informasi yang cerdas tetapi juga dapat diharapkan agar dapat mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan serta kualitas hidup yang tinggi. Ada beberapa ciri yang agar dapat mewujudkan smart city ini.

Ciri Konsep Smart City

  1. Ekonomi pintar, apabila kota yang ditempati mempunyai inovasi yang tinggi, maka hal itu dapat menambah beberapa peluang usaha baru untuk meningkatkan persaingan dengan pasar.
  2. Mobilitas, dengan mempunyai analisa pengembangan perkotaan mobilitas, maka infrastruktur juga dapat dikembangkan di masa yang akan datang, menggunakan sistem pengelolaan terpadu bertujuan untuk menjamin beberapa pihak serta kepentingan publik.
  3. Masyarakat pintar, untuk mewujudkan pengembangan konsep smart city  juga membutuhkan beberapa aspek pendukung diantaranya modal ekonomi, modal usaha, atau modal sosial. Dalam menerapkan modal sosial ini, biasanya akan banyak masyarakat yang saling membantu untuk dan meningkatkan toleransi yang tinggi agar dapat menguatkan keserasian masyarakat dan dapat membantu mengurangi risiko kejahatan.
  4. Lingkungan pintar, selain masyarakat yang pintar, analisa pengembangan perkotaan selanjutnya yaitu mempunyai lingkungan pintar. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan kenyamanan demi kelangsungan sumber daya bagi masyarakat dan publik.
  5. Cerdas hidup, dalam konteks ini smart city juga harus mempunyai kualitas hidup dan budaya, bahwa manusia juga mempunyai kualitas hidup yang terukur. Dalam artian, manusia akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri sendiri. misalnya dari hasil pendidikan yang merupakan salah satu jaminan atas kualitas budaya. 
  6. Pemerintah yang cerdas, pemerintah sangat berperan penting dalam mewujudkan kota smart city. Karena good governance merupakan salah satu kunci keberhasilan yang harus dimiliki untuk mewujudkan konsep smart city. Dengan proses yang dapat diselenggarakan pemerintah, maka kota tersebut akan mendapatkan hak kemanusiaan, keadilan, demokrasi dan lainnya.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *