Secara pengertian, hak paten atau hak eksklusif adalah hak yang diberikan dari pemerintah untuk satu individu, kelompok, usaha, atau lembaga yang memproduksi dan menciptakan sesuatu dalam waktu tertentu. Hak ini memberikan kebebasan atau hak jasa pengurusan hak paten skincare kepada individu atau kelompok untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya tanpa perlu khawatir karyanya ditiru atau dicuri. 

Hak paten sebagai invensi dan inventori dimana invensi sendiri sebagai ide atau produk yang ditemukan oleh seseorang atau kelompok, sedangkan inventori merupakan orang atau kelompok yang menemukan ide produk tersebut. Atas dasar itu invensi dan inventori ini dituangkan dalam UU RI No. 14 tahun 2001 pasal 1 ayat 1. Hak paten ini memiliki tenggat periode tertentu sekitar 20 tahun dan hak paten ini tidak bisa diperpanjang.

Secara umum hak jasa pengurusan hak paten skincare dikeluarkan pasti berdasarkan fungsinya. Adapun fungsi hak paten sendiri diantaranya:

  1. Menjamin perlindungan hukum 

Jaminan hukum sangat penting bagi suatu bisnis, perusahaan perlu memiliki hak dagang, penemuan dan daya cipta, yang dikukuhkan menjadi hak paten agar setiap langkah yang dijalankan perusahaan memiliki dasar dan pegangan yang kuat dimata hukum dan diakui oleh negara.

Memiliki hak paten berarti perusahaan tersebut memiliki akta legal hukum yang nantinya akan sangat melindungi perusahaan jika suatu saat nanti terjadi peniruan produk, pelanggaran usaha dan lain sebagainya.

  1. Memperluas jangkauan bisnis

Bentuk perluasan jangkauan bisnis dari legalitas yang dimiliki suatu perusahaan dengan hak paten ialah seperti timbulnya rasa kepercayaan dari konsumen sehingga perusahaan dapat menjangkau pasar konsumen dengan lebih baik, kepercayaan dari investor yang meningkat, mengurangi kompetitor karena hak paten sudah cukup menjadi bukti bahwa produk anda telah terjamin dan lain sebagainya. Jika anda memiliki perusahaan yang memproduksi skincare misalnya, hak paten ini dapat diurus oleh perusahaan secara sendiri atau anda juga bisa menggunakan jasa pengurusan hak paten skincare.

Itulah pengertian dan fungsi dari hak paten yang dapat anda jadikan informasi, anda dapat mengurus hak paten ini dan bisa mencari tahu lebih lanjut persyaratan hak paten melalui informasi atau lembaga resmi pemerintah Indonesia.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *