Ada beragam sektor bisnis yang bisa dikembangkan oleh masyarakat Indonesia untuk mendukung perkembangan ekonomi. Sektor yang banyak berkembang dan mulai menjamur di Indonesia yaitu Horeca. Horeca awalnya adalah usaha bisnis dalam bidang produksi makanan dan juga minuman, kemudian seiring berkembangnya waktu supplier Horeca semakin bertambah banyak. 

Sejarah Perkembangan Bisnis Horeca

Istilah Eropa awalnya memang sering dipakai dan banyak berkembang di Negara Eropa. Selain itu industri Horeca saat itu mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari tahun 2004 hingga sekarang. Sektor industri tersebut saat ini sudah berhasil menyaring pengangguran sebagai 7,8 juta orang untuk bekerja produktif sesuai aturan yang berlaku. Keuntungan yang didapatkan para pengusaha Horeca juga sangat tinggi, hingga menyentuh nominal milyaran mata uang euro. 

Tidak heran, jika pada masa itu bisnis Horeca dianggap sangat berperan penting untuk mendukung perkembangan program pariwisata. Mengapa demikian? karena semenjak bisnis Horeca muncul, sektor pariwisata banyak mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Industri Horeca yang awalnya hanya bergerak dalam produksi makanan dan minuman kini mulai merambah dalam sektor perhotelan, pelayanan catering serta restaurant. 

Horeca dulunya dianggap sebagai tempat kerja yang sistemnya musiman. Hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat khususnya yang memanfaatkan bidang tersebut untuk mengisi waktu luang serta bekerja part time. Peningkatan tenaga kerja sering terjadi saat di Eropa memasuki musim panas atau libur bersama. Banyak sekali pelajar yang memanfaatkan momen tersebut untuk menghasilkan uang. 

Sekilas Tentang Horeca

Horeca merupakan bentuk singkatan dari Hotel, Restoran dan juga Café. Oleh sebab itu, banyak yang mengenai bahwa Horeca merupakn bisnis dalam sektor industri produksi makanan serta minuman. Bisnis Horeca memiliki peran yang sangat penting dalam menyumbang pertumbuhan sektor pariwisata jika dikelola dengan baik. Banyaknya cabang bisnis serta supplier Horeca yang berkembang di tiap daerah, anggaran pendapatan negara juga mengalami peningkatan dari hasil pajak yang diberlakukan tersebut. 

Selain membantu meningkatkan anggaran pendapatan negara, sektor Horeca juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Berdasarkan produk dan pelayanan yang dikembangkan, maka memang umumnya tenaga kerja yang banyak dibutuhkan berasal dari sekolah tata boga dan perhotelan. Tenaga kerja sales dan marketing juga sangat dibutuhkan untuk memperluas pangsa pasar bisnis Horeca, sehingga dapat mempengaruhi income yang akan diperoleh kedepannya. 

Macam-Macam Bisnis Horeca

Seiring berjalannya waktu, saat ini semakin banyak supplier Horeca yang berhasil mengembangkan sektor usaha dan jasa dalam bidang tertentu. Namun apa saja sebenarnya macam-macam perusahaan Horeca? Sesuai dengan namanya Horeca memiliki 3 jenis perusahaan yaitu Hotel,  Restoran dan Café. 

Hotel adalah suatu usaha bisnis yang memberikan pelayanan jasa penginapan, kemudian restoran bergerak dalam bidang pelayanan komersial bagi konsumen langsung. Agak sedikit berbeda dengan café yang merupakan bisnis pelayanan dan penjualan segala bentuk minuman tertentu.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *