Pemilihan traditional espresso machine machine di tahun ini seringkali mengalami perubahan entah itu pada tingkat suhunya, pengaturan pembubukan, roaster dan sebagainya. Mengingat pembukaan kafe dan kedai kopi semakin merebak di beberapa kota Indonesia.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda belum memiliki budget yang memadai, bisa memilih produk besar namun tetap berkualitas. Atau dapat menggunakan manual machine ketika membuat bubuk kopi yang tidak melepaskan aroma khasnya.

Saat ini sudah banyak sekali mesin espresso dengan konsep modern, akan tetapi masih ada beberapa kafe yang menggunakan manual. Tetap mendapatkan rasa dan kekhasannya meskipun tidak menggunakan sistem automatic.

Biasanya para pemilik kedai kopi memilih manual untuk espresso dan kelengkapan lainnya menggunakan sistem otomatis. Rasanya lebih mantap jika memakai Presso Manual tanpa membutuhkan daya listrik apapun yang akan mempengaruhi kinerja mesinnya nanti.

Konsep dan Jenis Espresso Manual yang Masih Gahar Digunakan

Memiliki kemudahan dalam menggunakannya tentu hal ini menjadi poin plus untuk manual espresso ketika ingin menikmatinya. Tetapi ketahui dulu kebutuhan untuk memakai mesinnya karena jika tidak diperhitungkan maka akan sia-sia.

Jika untuk keperluan pribadi, disarankan menggunakan mini machine dengan merk yang sudah ditawarkan di beberapa platform online atau gerai langganan Anda. Tidak perlu juga menggunakan yang mahal ala kafe, hanya membuang uang saja nantinya.

Tinggal pilih tradisional espresso machine dengan konsep otomatis atau semi otomatis ketika sudah mantap memilih merk dan kesesuaiannya. Untuk posisi perlu ruang cukup luas, dimana biasanya mesin espresso mini memang konsepnya fleksibel dan mudah dibawa.

Tetapi ketika peletakannya harus di rumah, maka ruangannya harus sesuai dengan ukurannya yakni berkisar 100x30x40 cm atau bisa melebihi itu. Kalau sudah tahu tujuan dan penempatannya sekarang perlu tahu bagaimana memilih barangnya dengan kualitas bagus.

Maka perlu perhatian khusus sebelum Anda membelinya sebagai masterpiece ketika sudah menyukai kopi bubuk khas Nusantara. Perkembangan teknologi yang semakin canggih namun tidak membuat para barista atau owner kedai memilih cara manual.

Kreasi Desain Stylish dari Espresso Machine Tahun 2021

Dengan beberapa jenis coffee maker seperti Rok Presso, Nomad Espresso, Flair Espresso Maker, Bellman Stove Top dan teman-temannya biasanya mudah ditemukan di berbagai kafe atau kedai kopi langganan Anda.

Biasanya jenis tradisional espresso machine ini lebih unggul dibanding espresso maker otomatis karena harganya tinggi. Kemudian kelebihan lainnya fleksibel dan tanpa membutuhkan tenaga listrik.

Tetapi secara konsep baru juga ada yang menggunakan mixed combine antara listrik dan manual, sehingga bisa menghemat daya listrik atau menyesuaikan kebutuhan barista ketika menggunakannya.

Jenis Handpresso, Minipresso, Starresso, Prexo, Bialetti yang memang didesain untuk memudahkan Anda ketika di perjalanan atau pada suasana santai. Hingga terakhir perawatannya mudah cukup membersihkan dengan air saja.

Untuk harga tradisional espresso machine yang tersedia hingga tahun 2021 memang beragam, antara kisaran 3jt-4jt sudah mendapatkan barang baru dan berkualitas. Jika ingin produk bekas tapi tetap gahar, maka perlu perhitungan kembali pada maintenance-nya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *