Gas convection oven seringkali digunakan untuk memanggang berbagai adonan kue dengan hasil yang kering dan juga renyah serta berbagai makanan lainnya. Dalam penggunaannya, mungkin Anda masih mengalami kebingungan dan belum sepenuhnya mengerti. Namun, jangan khawatir. Berikut artikel ini berikan tips dalam memasak menggunakan oven konveksi gas yang bisa anda beli dari distributor oven

  • Turunkan suhu

Ketika menggunakan oven convection untuk memanggang, suhu pada oven harus diturunkan, hal ini dikarenakan udara panas yang berada di sekeliling makanan. Saat memanggang, umumnya disarankan untuk menurunkan suhu hingga 20-25 derajat.  

  • Kurangi waktu memasak

Dibandingkan dengan oven konvensional, oven convection memiliki waktu panggang yang lebih cepat. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi waktu panggangnya jika Anda terbiasa menggunakan oven konvensional. Anda bisa mengurangi 1/3 dari waktu aslinya. 

Jika Anda masih bingung dalam mengatur waktunya, Anda bisa menggunakan kalkulator konversi untuk waktu yang lebih akurat dan bisa diperoleh dari distributor oven. 

  • Gunakan loyang yang sesuai

Gas convection oven bekerja dengan memanggang adonan yang sedikit berbeda dengan oven lainnya. Anda perlu untuk menggunakan loyang yang berbeda juga agar dapat memaksimalkan dari penggunaan oven jenis ini. 

Anda bisa menggunakan loyang kue dengan tanpa sisi. Pastikan jika loyang memiliki sisi yang rendah agar dapat membantu aliran dari udara panas hingga ke makanan. 

Jika Anda suka memanggang kue kering, loyang yang tidak memiliki pinggiran serta sekat yang dilapisi kertas roti lebih cocok untuk digunakan dari distributor oven. 

  • Jangan tutupi makanan

Ketika Anda sedang memanggang adonan dengan oven convection, hindari untuk menutup makanan menggunakan foil aluminium. Hal ini dikarenakan dengan menutup makanan dapat menghalangi jalannya aliran udara. 

  • Selalu periksa selama proses pemanggangan

Hal yang perlu Anda lakukan saat sedang memanggang dengan gas convection oven ialah dengan selalu memperhatikannya selama waktu dipanggang, sama halnya saat Anda menggunakan oven konvensional. 

Anda dapat memeriksa pada ¾ dalam waktu memasak atau ketika 10 menit sebelum matang. Hal ini dilakukan agar dapat memastikan adonan di dalam oven konveksi distributor oven terlalu atau kurang matang.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *