Anda akan mengajar di tempat BIMBEL SMP namun bingung harus bagaimana? Mengajar memang bukanlah hal yang mudah tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Berikut ini akan kita bahas beberapa hal yang dapat Anda persiapkan sebelum mengajar di BIMBEL SMP nanti.

  • Kuasai Materinya Terlebih Dahulu

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum mengajar adalah menguasai materinya terlebih dahulu.  Apabila Anda telah menguasai materi yang akan diajarkan, Anda dapat mengajar dengan lebih percaya diri dan bisa menjawab pertanyaan yang diajukan murid Anda.

  • Tidak Memberi Penjelasan Materi Secara Bertele-tele

Supaya murid dapat mengerti materi yang Anda jelaskan, sebaiknya menjelaskan dengan singkat, padat dan jelas. Hindari penjelasan yang bertele-tele karena akan membingungkan murid Anda.

Disarankan untuk menjelaskan langsung ke intinya dan memberikan siswa waktu untuk mencernanya. Anda juga bisa membuka sesi tanya jawab bila masih ada siswa yang belum memahami materi yang dijelaskan.

  • Membuat Suasana Kelas Yang Santai Tapi Tetap Serius

Kebanyakan BIMBEL SMP dilaksanakan setelah waktu pulang sekolah, dimana situasi murid sudah merasa lelah dan bosan dengan pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah.

Agar materi Anda tetap menarik untuk disimak, Anda dapat menggunakan cara yang santai tetapi tetap dapat menarik minat murid Anda seperti membuat permainan atau quiz untuk menimbulkan semangat belajar murid Anda.

  • Sesekali Lakukan Bedah Soal

Setiap lembaga BIMBEL SMP sudah memiliki aturan sendiri mengenai materi apa yang disampaikan kepada muridnya. Namun di waktu luang, Anda bisa saja melakukan bedah soal yang membuat siswa merasa kesulitan di sekolahnya.

  • Memperhatikan Keadaan Murid

Dalam satu kelas, Anda akan menemui beragam karakter murid dengan kemampuan memahami materi yang juga beragam.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan keadaan murid Anda dengan menanyakan apa ada penjelasan Anda yang belum dipahami oleh mereka.

  • Jangan Lupa Untuk Memberikan Motivasi atau Semangat Untuk Belajar

Sebagai guru, Anda juga bisa memberikan motivasi atau semangat kepada murid Anda. Bisa saja, siswa sedang mengalami hal yang berat sebelum masuk ke kelas Anda di BIMBEL SMP, sehingga kehilangan semangat untuk belajar.

Dengan memberikan motivasi di kelas, Anda sedang mencoba untuk membangkitkan kembali semangat belajar murid yang sempat hilang.

Motivasi yang Anda berikan juga bisa menimbulkan keberanian dan rasa percaya diri dari murid yang Anda ajar.

  • Beri Murid Anda Waktu Untuk Menjawab Pertanyaan Anda

Untuk memastikan apakah murid Anda paham dengan penjelasan yang telah Anda berikan atau belum, Anda bisa mencoba untuk mengajukan beberapa pertanyaan berdasarkan materi yang telah Anda berikan.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda persiapkan sebelum mengajar di BIMBEL SMP. Semoga sukses dengan kelas Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *