Mungkin kita pernah listening istilah kurikulum Cambridge? kurikulum yang tidak asing dan diadaptasi bagi beberapa lembaga pendidikan dan sekolah di dunia. Kurikulum Cambridge merupakan kurikulum dari sekolah terkenal University of Cambridge, United Kingdom. Dikembangkan oleh Cambridge Assessment International Education (CIE) menetapkan standar global untuk pendidikan, dan diakui oleh universitas dan perusahaan di seluruh dunia. 

Sebagai kurikulum internasional, Cambridge tetap fleksibel, menantang dan menginspirasi, peka terhadap budaya dalam pendekatan internasional. Sekolah Cambridge menjadi acuan internasional dimana mereka mengembangkan suatu konsep dalam dunia pendidikan.

Lebih dari 10.000 sekolah di lebih dari 160 negara mengikuti kurikulum internasional Cambridge. Kurikulum internasional dalam filosofi dan pendekatan, tetapi dapat disesuaikan dengan konteks lokal. Siswa Cambridge belajar untuk kualifikasi internasional Cambridge yang diterima dan diakui di seluruh dunia. Program Cambridge menggabungkan penekanan pada penguasaan mata pelajaran secara mendalam dengan pengembangan keterampilan untuk belajar dan bekerja di masa depan.

Kurikulum Cambridge menghargai pengetahuan subjek yang mendalam serta pemahaman konseptual yang membantu siswa membuat hubungan antara berbagai aspek subjek. Dibagi menjadi empat tahap tingkatan pendidikan yaitu Cambridge Primer, Cambridge Lower Secondary, Cambridge Upper Secondary dan Cambridge Advanced.

Kurikulum Cambridge juga mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, pemecahan masalah, berpikir kritis, penelitian independen, kolaborasi, dan menyajikan argumen. Ini adalah keterampilan yang dapat ditransfer yang akan bertahan seumur hidup, mempersiapkan siswa untuk kehidupan masa depan mereka. Mereka juga membuat belajar menyenangkan dan bermanfaat.

Karena banyaknya sekolah atau universitas di dunia yang menginginkan siswa untuk masuk ke universitas dengan kemampuan sistem belajar kurikulum Cambridge, membuat banyak lembaga penunjang pendidikan lainnya mencoba memberikan penawaran pembelajaran terhadap siswa dengan kurikulum ini. 

Misalnya Banyak sekolah di seluruh dunia menggunakan program dan kualifikasi Cambridge sebagai untaian bahasa Inggris-menengah dari program pendidikan bilingual. Metode pengajaran dwibahasa bervariasi, tetapi fleksibilitas pendekatan Cambridge berarti bahwa pelajar dapat bekerja menuju kualifikasi Cambridge melalui media bahasa Inggris sambil juga mengikuti kurikulum nasional mereka sendiri. Maka muncul les Cambridge, lembaga privat English atau TOEFL standar Cambridge dan lain sebagainya. Les Cambridge membantu siswa untuk memahami dan mengulas pelajaran-pelajaran mereka di sekolah. Les Cambridge ini sudah cukup sering dan mudah ditemui di Jakarta.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *