Dalam menggunakan alat ADCP survey memang diperlukan tenaga yang profesional dan sudah berpengalaman di bidangnya, dalam penggunaan alat ini juga tidak bisa sembarangan apalagi jika dilakukan seorang diri maka kemungkinan hasil yang didapatkan juga tidak maksimal. Maka dari itu disarankan bagi setiap orang yang ingin melakukan pengukuran gelombang dan arus laut sebaiknya selalu menggunakan jasa alat pengukuran alat ADCP yang sudah mengantongi ijin resmi dan mempunyai kredibilitas yang baik.

Pengertian Alat ADCP

ADCP merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengukur gelombang dan arus laut dengan lebih spesifik memanfaatkan gelombang suara yang ada di dalam air. Alat ADCP mempunyai berbagai macam kelebihan dan mempunyai performa tinggi yang bisa menjamin kualitas hasil data yang didapatkan melalui pengukuran akurat dan lengkap.

Untuk melakukan pengukuran pada gelombang dan arus menggunakan alat ADCP bisa melakukan beberapa cara yaitu teknik lagrangian dan teknik eularian. Dalam artikel ini akan dibahas secara khusus mengenai teknik pengukuran menggunakan alat ADCP yaitu teknik Lagrangian.

Pengukuran ADCP Survey dengan Teknik Lagrangiang

Teknik pengukuran alat ADCP menggunakan lagrangian merupakan cara mengukur massa air, menggunakan benda apung atau drifter yang dilepaskan ke laut dan dipasangkan alat elektronik yang dapat mengirimkan data ke pusat kontrol stasiun dalam bentuk model arus atau gelombang.

Alat elektronik yang dipasang pada benda apung atau drifter tersebut akan mengirimkan data secara terus-menerus secara real-time, teknik lagrangian merupakan salah satu cara yang paling mudah dan merupakan salah satu dasar dalam melakukan pengukuran arus dan gelombang. Apalagi alat yang digunakan juga cukup mudah untuk dipasang dan mempunyai hasil yang bisa dengan cepat diakses karena langsung dipancarkan melalui sinyal.

Salah satu manfaat dari mempelajari arus anda bisa mengetahui di mana lokasi yang terdapat banyak ikan atau lokasi lokasi berbahaya yang mempunyai arus besar dan berbagai kemungkinan lain yang bisa didapatkan dari data arus atau gelombang tertentu di dalam laut. Namun memang penggunaan alat ADCP walaupun dengan teknik lagrangian yang cukup sederhana ini tidak bisa sembarangan di lakukan oleh orang-orang tertentu karena harus mempunyai keahlian dalam melakukan praktik  menggunakan alat ADCP Survey.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *