Kehamilan merupakan salah satu fase yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wanita. Tidak heran jika setelah menikah sebagian besar pasangan juga akan mengharapkan kehadiran sang buah hati. Tentunya, anda juga tidak hanya berdiam diri saja. Tetapi, ada beberapa tahap yang perlu anda lakukan seperti, melakukan skrining kesehatan ke dokter, minum vitamin untuk persiapan kehamilan dan mencoba menggunakan ovulasi test strip

Mengapa Ovulation Test Juga Dibutuhkan?

Ovulasi test itu sendiri merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan LH atau luteinizing hormone yang berada di dalam urine. Semenjak berkembangnya teknologi saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat diunduh ke dalam gadget atau smartphone yang dapat menghitung masa subur. Dengan menggunakan ovulasi test strip ini dapat membantu menghitung siklus masa subur. Untuk anda yang mempunyai perubahan pada setiap bulannya, semisal 28 hari, lalu 30, atau bisa jadi 27 hari dan yang lainnya, alat ini sangat membantu untuk menentukan masa subur. Alat ini mempunyai bentuk yang mirip dengan alat test kehamilan, tetapi sample urine yang digunakan berbeda dan cara membaca yang berbeda pula. Untuk mengecek masa subur menggunakan ovulasi test strip ini, anda tidak perlu menggunakan urine bangun tidur seperti untuk test kehamilan. Tetapi dianjurkan untuk menggunakan urine yang terjadi pada siang hari sekitar pukul 11 atau sore sekitar pukul 4. 

Untuk membaca alat ovulasi test strip ini, anda juga dapat membacanya dengan melihat ketebalan yang berada di garis bawah pada alat tersebut. Jika hasil yang ditunjukan pada alat tersebut menampakkan garis 2 tetapi terlihat masih samar, maka anda belum memasuki masa subur hingga 24 jam kedepan. Saat sudah mendekati masa ovulasi, garis bawah yang terdapat pada alat tersebut akan cenderung mempunyai warna gelap daripada garis yang berada diatasnya. Untuk menggunakan alat ini, dianjurkan di hari ke 11 siklus menstruasi. Hal ini dihitung dari hari pertama menstruasi hingga perkiraan sekitar 5 hari sebelum terjadi menstruasi selanjutnya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *